6 Negara dengan Biaya Liburan Paling Murah, Anti-Bokek!

Setelah pandemi COVID-19 sempat membuat rencana perjalanan kamu harus tertunda, ini saatnya kamu mengatur ulang traveling plan ke luar negeri. Agar tabungan tidak langsung ludes untuk sekali jalan, kamu bisa mempertimbangkan beberapa negara yang menawarkan akomodasi, fasilitas, dan pengalaman jalan-jalan paling murah sedunia. Dengan begitu, kamu punya kesempatan menjelajahi banyak tempat liburan menyenangkan di luar negeri dengan cost minim. Nah, tanpa berlama-lama, ini dia deretan negara dengan biaya liburan paling murah, dijamin anti-bokek. Check it out!

INDONESIA

Wisata pantai pasir putih, spot scuba diving terbaik di dunia, hingga sejumlah pemandangan hutan dan sawah yang paling indah, bisa kamu temukan di Indonesia. Pesona Indonesia sebagai negara Asia yang memiliki kekayaan alam luar biasa sudah tidak diragukan lagi.

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang terdiri dari ribuan pulau. Kamu dapat mengunjungi Pulau Bali yang populer, atau menuju ke pulau-pulau wisata yang lebih tenang, seperti Lombok, Jawa, dan Sumatra.

Kamu tidak perlu khawatir kehabisan uang saat jalan-jalan di Indonesia, karena ini merupakan salah satu negara favorit para pelancong di dunia yang menawarkan keistimewaan wisata tanpa membuat kantong jebol. Transportasi, akomodasi, dan makanan khas Nusantara dibanderol dengan harga terjangkau bagi semua kalangan.

MEKSIKO

Meksiko masuk dalam daftar negara termurah untuk dikunjungi orang Amerika Utara. Tentu, hal tersebut tidak menutup peluang bagi wisatawan dari negara lain untuk mengeksplorasi negara yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat ini.

Masakan yang beragam dan lezat, orang-orang lokal yang ramah, berbagai pantai kelas dunia, fasilitas nyaman, dan suasana yang bersahabat. Semuanya itu menjadi daya tarik dari negara dengan julukan Negeri Sombrero ini. Tak heran, wisatawan dari daerah maupun negara lain rela datang berkali-kali ke negara ini saat liburan akhir tahun.

Oh iya, sebagai saran, kalau kamu ingin benar-benar menghemat uang saat mengunjungi Meksiko, rencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari dan sebelum masuk peak season (Oktober-Desember), ya.

REPUBLIK KUBA

Kuba termasuk salah satu negara maju yang terkenal dengan beberapa komoditinya, seperti gula, tembakau, dan kopi. Negara di wilayah Karibia Utara ini boleh dimasukkan dalam bucket list bepergian kamu yang mengutamakan budget murah-meriah, tapi tetap berkelas.

Di Kuba, kamu bisa bermain sepuasnya di pantai menakjubkan, pemandangan alam syahdu, masakan khas yang menggoyang lidah dengan bumbu lokalnya, warga setempat yang sangat ramah, serta perpaduan vibes Spanyol dan Karibia. Menariknya, kebanyakan wisata pantai di Kuba masih jarang terjamah sehingga mudah sekali menemukan hidden gems di negara ini.

BULGARIA

Selanjutnya, yuk, melipir ke benua Eropa. Negara termurah di Eropa yang tak boleh kamu lewatkan untuk liburan akhir tahun nanti adalah Bulgaria. Wisata kota-kota tua yang sarat akan nilai sejarah masa lampau dapat dikunjungi untuk memulai perjalanan seru di sini.

Setelah merasa cukup menambah pengetahuan sejarah, lanjutkan trip ke pantai-pantai nan elok yang menyuguhkan view alam tanpa batas. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner dan anggur terbaik khas Bulgaria. Dijamin, deh, liburan ke negara ini bikin kamu susah move on, apalagi sambutan dari orang-orang setempat yang sangat ramah.

KOLOMBIA

Bagi kamu yang suka melancong ala backpacker, Kolombia wajib masuk dalam rencana tempat liburan mendatang, nih. Sudah banyak yang mengakui kalau negara ini mengesankan dengan kekayaan alam, seperti pantai dan laut yang mempesona, hutan nan rimbun, serta penduduk setempat yang begitu welcome.

Selain alamnya, hal menarik di Kolombia adalah makanan laut segar dan lezat yang bisa kamu nikmati langsung di pinggir pantai. Harga semua menu masih terjangkau. Plus, kamu akan disuguhkan tempat makan cozy dengan interior khas bergaya Spanyol.

Sementara, buat pencinta sport tourism, negara di barat laut Amerika Selatan yang berbatasan dengan Laut Karibia, menghadirkan tempat scuba diving yang tidak main-main, loh. Biar lebih hemat, kamu bisa pilih paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola tempat.

THAILAND

Balik lagi ke benua Asia, kali ini kita pergi ke Thailand. Negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja ini termasuk negara paling murah untuk berwisata di luar negeri. Ada banyak tempat di Thailand yang seru untuk dikunjungi, mulai dari kota seni, taman nasional, pulau tersembunyi, pantai untuk snorkeling, hutan yang masih terjaga keasriannya, dan kafe kekinian.

Pengeluaran selama tur di negara ini tidak akan membuat kantong kamu meringis, deh. Dengan budget serba minim, kamu sudah bisa bepergian ke tempat-tempat yang unik. Misalnya, di Phuket, Krabi, Koh Tao, Ko Samui, dan tentunya Kota Bangkok.

Jangan lupa berfoto ria dengan background bangunan ikonik khas negara ‘Gajah Putih’ atau landmark kuil di Thailand. Tak ketinggalan, jelajahi pasar malam dan tempat berbelanja populer di Thailand. Aneka style pakaian paling trendi dan termurah ada di sana, loh.

Baca Juga :