10 Kuliner Khas Betawi yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Khas Betawi – Budaya Betawi sangatlah beragam. Tidak hanya seni seperti silat dan tarian, tapi juga kulinernya. Makanan khas Betawi biasanya terasa gurih, seperti nasi uduk betawi. Selain nasi uduk, masih banyak sekali makanan khas betawi yang menarik.

Mau tahu apa saja kuliner khas Betawi yang wajib kamu coba? Simak rekomendasi panganan khas Betawi terpopuler berikut:

Kuliner Khas Betawi

1. Soto Betawi

Beberapa daerah memiliki soto dengan ciri khas tersendiri, namun soto Betawi adalah salah satu soto yang paling terkenal. Soto betawi berisi daging sapi beserta jeroan dari sapi atau ayam dan memiliki kuah santan. Dengan citarasa gurih dan daging yang kenyal, tak heran kuliner khas Betawi ini digemari oleh banyak orang dan cukup mudah ditemui.

2. Asinan Betawi

Makanan khas Betawi yang satu ini cocok bagi kamu yang suka sayuran. Asinan betawi terdiri dari kol, sawi, tauge, tahu selada, tahu putih, dan bertabur dengan kacang tanah. Campuran makanan ini kemudian disiram dengan kuah cuka, cabai dan ditaburi dengan kerupuk mie berwarna kuning. Rasanya asam dan segar, cocok dinikmati di cuaca panas.

3. Pecak Lele

Hidangan ikan lele di Indonesia banyak macamnya. Pada umumnya, lele hanya diolah dengan cara digoreng dan dinikmati dengan sambel. Namun, pecak lele punya cara penyajian yang tidak biasa. Ikan lelenya disiram dengan kuah pecak yang terbuat dari santan, saus kacang, air asam jawa membuat cita rasa makanan khas Betawi ini sangat unik. Saat disantap, kamu akan merasakan lele yang sangat gurih.

4. Semur Jengkol

Semur jengkol dengan aromanya yang sangat khas bisa membuat dua opini. Bagi penggemar jengkol, semur jengkol sangatlah enak. Sedangkan bagi mereka yang tidak kuat dengan aromanya, pasti akan bilang kalau aroma kuliner khas Betawi ini terlalu menyengat.

Meskipun aroma menyengat dan rasanya pahit, saat jengkol dimasak dengan berbagai bumbu akan menjadi makanan yang nikmat. Makanan khas Betawi ini biasanya tidak disantap begitu saja, melainkan dengan nasi putih atau nasi uduk.

5. Gado-gado

Gado-gado yang dalam bahasa Betawi memiliki arti “campur aduk” adalah salah satu makanan Betawi yang paling terkenal di masyarakat. Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari beberapa jenis sayur rebus yang dicampur aduk dengan kentang, tahu, tempe dan telur. Diatas campuran ini, disiram bumbu kacang dan ditaburi kerupuk.

6. Bubur Ase

Berbeda dengan bubur biasa yang mudah kamu temui, bubur ase adalah bubur spesial yang tidak selalu tersedia di banyak tempat. Diberi nama “ase” karena tidak seperti bubur biasanya yang dihidangkan selagi hangat, kuliner khas Betawi satu ini dihidangkan dalam keadaan dingin. Bubur khas Betawi ini memiliki warna yang lebih gelap daripada bubur biasa karena bukan dicampur dengan irisan ayam, melainkan dengan semur daging. Untuk menambah kenikmatan, biasanya bubur ditambahi dengan pelengkap seperti kentang, tauge, dan kacang.

7. Kerak telor

Kalau menyebut ‘kuliner betawi’, biasanya kerak telor adalah makanan pertama yang muncul di kepala. Namanya kerak telor karena terbuat dari telur bebek atau ayam yang dimasak hingga setengah matang, kemudian dibalik dan dibiarkan hingga matang dan berkerak. Selain telur, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya antara lain beras ketan putih, serundeng, kelapa sangrai, dan bawang goreng. Soal rasa, bisa dibilang campuran antara legit dan gurih.

8. Nasi Ulam

Kalau nasi uduk sudah biasa, ada nasi lain khas Betawi yang nggak biasa yakni nasi ulam. Nasi ulam adalah nasi yang memiliki citarasa gurih dengan campuran lengkuas, serai, dan daun salam. Tak cukup itu, nasi yang sudah sedap ini ditaburi dengan bumbu tabur hasil gerusan bawang merah, ketumbar, jintan, terasi, dan cabai. Makanan khas Betawi ini paling nikmat untuk disantap selagi hangat.

9. Roti Buaya

Makanan yang satu ini sangat penting keberadaanya dalam acara sakral adat Betawi yaitu pernikahan maupun lamaran. Roti buaya adalah roti berbentuk buaya dan umumnya punya panjang sekitar 50 cm. Roti ini dibawa oleh pengantin laki-laki untuk diberikan kepada pengantin wanita, yang dipercaya sebagai lambang kesetiaan kepada pasangan.

10. Sayur Besan

Satu lagi makanan khas Betawi yang bisa ditemukan di acara pernikahan, bernama Sayur Besan. Makanan ini adalah bentuk penghormatan kepada mereka yang menjadi keluarga baru pada hubungan pernikahan sebagai lambang kekeluargaan.

Selain disajikan untuk acara spesial, makanan ini juga tidak selalu bisa ditemukan karena sulit untuk menemukan bahannya. Dibutuhkan bahan khusus untuk membuat sayur besan yaitu tebu telur. Bagian pucuknya diolah menjadi sayur dan dilengkapi dengan petai, ebi, dan kentang.

Nah, itu dia berbagai makanan khas Betawi yang wajib kamu coba . Kamu paling penasaran mencicipi makanan yang mana?