Gali Kreativitas Lewat Kerajinan dari Koran Bekas

Punya kertas koran yang tidak terpakai dan hanya jadi tumpukan di gudang? Segera siapkan diri karena kamu bisa membuat kerajinan dari koran bekas yang unik, estetik dan bahkan bernilai tambah.

Kerajinan dari koran bekas bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat dan bernilai, salah satunya dijadikan sebagai hiasan rumah. Kerajinan tangan dari koran bekas ini sangat menarik untuk ditekuni siapa saja. Terlebih bagi mereka yang suka membuat sesuatu dan bersemangat terhadap misi ramah lingkungan.

Bagi kamu yang berjiwa seni, boleh banget nih berkreasi dan membuat kerajinan dari koran bekas. So, ini dia serba serbi si koran bekas, check this out!

Apa itu Koran?

Secara umum, koran atau dikenal surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah. Sebagai media cetak, koran tidak hanya memuat informasi mengenai kejadian atau peristiwa terkini dari berbagai topik, tapi juga menyediakan, kolom opini, iklan, TTS dan lain-lain. hiburan lainnya.

Ada juga surat kabar yang dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya berita untuk politik, property, industri tertentu, penggemar seni atau partisipan kegiatan tertentu. Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur.

Di beberapa negara, juga umum beredar surat kabar sore. Selain itu, juga terdapat surat kabar mingguan yang biasanya lebih kecil dan kurang prestisius dibandingkan dengan surat kabar harian dan isinya biasanya lebih bersifat hiburan.

Bentuk hingga Bahan dari Koran

Koran atau surat kabar dari berbagai negara, termasuk Indonesia, memiliki bentuk ukuran yang besar dan kertas yang digunakan adalah kertas buram dengan tulisan yang berukuran sekitar 12pt. Penggunaan font berukuran 12pt merupakan ukuran rata-rata untuk keterbacaan mata manusia, meskipun beberapa orang tua cenderung akan memakai kacamata dalam membaca sebuah koran supaya lebih jelas.

Nah, karena ukuran sebuah koran itu besar, maka biasanya akan ditekuk untuk menjadi lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi, kamu bisa membaca koran dimanapun dan kapanpun.

Ini Lho Dampak dari Sampah Koran Kertas!

Seiring dengan perkembangan intelektual dan teknologi, manusia memiliki beragam kebutuhan yang harus dipenuhi. Salah satunya dengan kehadiran kertas sebagai dokumen penunjang pendidikan hingga bisnis. Konsumsi kertas bagi dunia pendidikan maupun pelaku usaha menjadi hal sepele yang tidak banyak diperhatikan dampaknya.

Sifat kertas yang mudah di daur ulang dan terurai secara alami menjadikan kertas seringkali tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin. Hal tersebut yang membuat limbah kertas berakhir menggunung di Tempat Pembuangan Akhir. Jumlah limbah kertas sebesar 11% dari 67, 8 juta ton/tahun timbulan limbah. Oleh karena itu, dengan menggunakan kertas secara tidak maksimal dan membuangnya secara sembarangan maka kita sama saja dengan:

  • Menyia-nyiakan 27.000 batang kayu/hari yang menyebabkan dunia kehilangan 1.723,5 hektar hutan.
  • Menghasilkan kurang lebih 1 ton limbah padat dan 72 ribu liter limbah cair.
  • Menghasilkan gas metana akibat proses penguraian limbah kertas.
  • Menghabiskan satu pohon berusia 5 tahun untuk 1 rim (500) lembar.
  • Pembuangan sudah tidak lagi menjadi solusi karena pemanfaatan jauh lebih berguna dan menghasilkan manfaat yang melimpah.

Pengertian Limbah Kertas

Kawasan yang berpotensi menghasilkan limbah ini adalah industri, rumah tangga, perkantoran, komersil, dan pendidikan. Oleh karena itu, jenis limbah kertas yang dihasilkan pun berbeda-beda, antara lain :

  • Koran
  • Karton
  • Kertas HVS
  • Kertas kraft
  • Kertas berlapis plastik
  • Kertas tissue
  • Dampak Negatif Limbah Kertas

Dengan beragamnya kandungan senyawa kimia di limbah kertas maka tidak menutup kemungkinan dampak negatif akan dihasilkan, seperti:

  • Zat karsinogen dan zat pengganggu aktivitas hormon manusia
  • Terganggunya ekosistem perairan sehingga populasi ikan, kerang, dan sebagainya menurun
  • Kebakaran akibat gas metana
  • Mengurangi sumber air bersih
  • Mempercepat pemanasan global

Keren, Ini Dia Deretan kerajinan dari Koran Bekas

Tumpukan koran bekas yang digunakan untuk daur ulang diperlukan pemilahan secara optimal untuk menghindari limbah kertas yang sudah hancur atau terdekomposisi. Penerapan prinsip ini akan lebih maksimal apabila adanya integrasi dengan kegiatan pemanfaatan. Koran bekas memiliki potensi besar untuk menghasilkan produk-produk bernilai ekonomis dan dimanfaatkan kembali, ini dia contoh kerajinan dari koran bekas:

Dekorasi ruangan seperti miniatur rumah, produk kerajinan, replika bunga, bingkai foto atau cermin, jam dinding, lukisan. Tempat tisu, pot bunga, dan tempat permen. Keranjang multifungsi dan tas. Dompet dan pakaian.

Contoh Kerajinan dari Koran Bekas Kerajinan dari koran bekas bisa berupa apapun mulai dari yang simpel hingga rumit. Simak contoh kerajinan berikut ini:

1. Tempat Pensil

Kerajinan dari koran yang dapat menghasilkan uang adalah tempat pensil. Dalam pembuatannya yang harus kamu siapkan berupa koran bekas, gunting, botol/ kaleng, pensil, lem dan tali buat menghias. Fungsi botol/ kaleng adalah untuk tempat dasar dari tempat pensil.

Kemudian kamu dapat memotong korannya dengan ukuran yang sudah disesuaikan. Lalu buatlah gulungan potongan koran, setelah itu kamu dapat tempelkan gulungan tersebut pada kaleng dengan memakai lem.

Rapikan terlebih dahulu ukurannya agar bisa sama dengan kaleng, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan gunting. Selanjutnya kamu dapat menghiasi tempat pensil tersebut dengan memakai tali.

2. Jam Dinding

Jam yang seringkali dibuat dengan menggunakan bahan plastik, kayu hingga logam. Ternyata jam dinding ini dapat dibuat dengan bahan koran dan kamu dapat membuatnya sendiri. Melalui kerajinan dari koran jam dinding ini kamu bisa menjualnya dengan modal yang minim.

Dalam pembuatannya kamu dapat memotong korannya dengan ukuran panjang yang sama seperti sedotan. Kemudian kamu dapat membuat gulungan sebanyak kurang lebih 12 buah, lalu 1 gulungan lagi untuk ukuran besar buat diletakkan pada bagian tengah. Untuk langkah yang selanjutnya kamu dapat gabungkan gulungan besar dengan memakai tali di tiap gulungan. Kamu harus lebih teliti agar bisa mendapatkan hasilnya yang maksimal.

3. Tas

Kerajinan dari koran bekas yang selanjutnya adalah tas. Memiliki fungsi menyimpan barang-barang pribadi seperti tanda pengenal, ponsel dan lain sebagainya. Berbagai model bisa dipilih, mulai dari klasik hingga fancy.

Akan tetapi, bagaimana jika tas yang seperti ini terbuat dari bahan koran bekas? Kerajinan dari koran bekas yang berbentuk tas ini dapat kamu manfaatkan agar bisa meningkatkan kreativitas yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga turut berkontribusi mengurangi limbah koran yang ada di sekitar.

Cara Membuat Hiasan Rumah dengan Koran

Membuat hiasan dinding tidak melulu harus menggunakan bahan yang mahal dan konsep yang mewah. Bahkan, membuat hiasan dinding dari kertas koran saja bisa keren lho hasilnya. Nah, ketahui cara membuat hiasan dinding dari kertas koran yang dilansir dari liputan6.com.

Fra me Cermin

Alat dan Bahan:

  • Koran
  • Gunting
  • Lem atau perekat
  • Cermin

Cara Membuat:

Sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat frame cermin.
Mulai potong koran dengan memanjang.
Jika sudah, gulunglah potongan koran sampai berbentuk seperti sedotan.
Susunlah gulungan koran yang sudah banyak dibuat menjadi satu dengan lem.
Mulai pasang gulungan koran dengan mengelilingi cermin.
Frame cermin untuk hiasan dinding selesai dibuat.

Lukisan

Alat dan Bahan:

  • Koran
  • Kanvas
  • Lem
  • Kuas
  • Gambar
  • Gunting
  • Cat

Cara Membuat:

Siapkan alat dan bahan untuk pembuatan lukisan hiasan dinding.
Sobek koran menjadi banyak bagian.Tempelkan sobekan koran pada kanvas yang diolesi lem.
Pastikan mengolesi kanvas dengan kuas untuk hasil yang rapi.
Print out gambar yang ingin dibuat lukisan hiasan dinding. Pilihlah gambar yang mudah untuk dipotong. Potong gambar print out yang sudah disiapkan.
Tempelkan potongan gambar pada kanvas yang sudah ditutupi kertas koran.
Semprotkan cat pada gambar print out sesuai dengan yang diinginkan.

Bunga

Alat dan Bahan:

  • Koran
  • Gunting
  • Kawat atau ranting pohon
  • Jarum
  • Benang

Cara Membuat:

Gunting koran yang sudah disiapkan, dari 4 halaman dijadikan 2.
Gunting lagi koran menjadi 4 bagian. Tumpuk potongan koran sesuai dengan jumlah yang diinginkan.
Semakin banyak potongan koran yang disusun, akan semakin rapat kelopak bunga yang terbentuk.
Lipatlah tumpukan koran. Jika sudah, rapikan ujung koran dengan bentuk setengah lingkaran. Buat lipatan koran yang lebih panjang untuk membuat bunga lebih besar.
Gabungkan lipatan tengah koran dengan kawat atau ranting pohon untuk pembuatan tangkainya. Tali tangkai dengan benang jahit yang sudah disediakan.
Buka koran yang sudah disusun sebagai kelopak bunga satu per satu. Mulailah dari bagian paling atas dan jangan sampai sobek. Lakukan sampai kelopak sudah terbuka semuanya.
Rapikan bagian ujung dan tengah bunga agar kelopaknya nampak nyata.