Cobain 5 Olahraga Paling Berbahaya di Dunia: Nomor 1 Renggut Ratusan Korban!

JAKARTA – Terdapat 5 olahraga paling berbahaya di dunia yang terus menjadi menjadi sorotan orang di seluruh dunia. Sejatinya olahraga merupakan kegiatan agar tubuh tetap sehat dan prima. Alih-alih menyehatkan tubuh justru ada suatu olahraga yang dapat merenggut nyawa.

Olahraga berbahaya memiliki banyak penggemar, penikmat olahraga ini pasti memiliki kecenderungan dalam menikmati adrenalin. Untuk meningkatnya adrenalin yang signifikan tentu membutuhkan sebuah kegiatan yang memicu ketakutan dan tinggi risiko.

Baca Juga : Benarkah Olahraga Berlebihan Berbahaya untuk Jantung?

Lalu olahraga apa sajakah yang paling berbahaya di dunia? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Daftar Olahraga Paling Berbahaya di Dunia

Bullfighting atau matador merupakan olahraga sekaligus budaya orang Minoan. Mereka yang menjadi matador harus bertarung satu lawan satu melawan banteng. Pada tahap awal, sang matador hanya berbekal kain dan menghindari serangan banteng.

Namun pada sesi akhir mereka akan menggunakan pedangnya untuk mencoba membunuh banteng tersebut. Alih-alih banteng yang terbunuh, dalam beberapa peristiwa justru matadornya yang mati diseruduk banteng.

Skydiving

Skydiving merupakan olahraga yang hanya dilakukan oleh orang yang profesional, meski begitu tetap saja pernah memakan korban. Olahraga mengharuskan kedisiplinan yang tinggi terhadap alat-alat yang digunakan sebelum melakukan skydiving.

Konsep dari skydiving yaitu dilakukan dengan melompat dari pesawat yang sedang terbang, dan menukik. Olahraga ini sudah banyak memakan korban bahkan menjadi perdebatan di seluruh dunia.

Terlebih baru-baru ini seorang Tiktokers bernama Tanya Pardazi meninggal secara tragis karena diduga parasutnya gagal mengembang.

Wingsuit Flying

Wingsuit Flying merupakan olahraga yang menggunakan kostum layaknya burung. Olahraga ini telah berkembang jauh sejak pertengahan 1990-an. Konsep dari olahraga berbahaya ini yaitu dengan menggunakan jumpsuit khusus.

Ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak daya angkat. Kemudian meluncur secara horizontal di udara setelah melompat dari pesawat atau tebing. Meski persiapannya sudah sematang mungkin, Wingsuit Flying tetap memakan banyak korban. Tercatat ada 162 kematian sejak 2002.

Free Solo Rock Climbing

Free Solo Rock Climbing merupakan olahraga panjat tebing tanpa pengaman. Jika menggunakan pengaman saja masih ada kemungkinan celaka, apalagi jika tanpa pengaman.

Olahragawan dari Free Solo Rock Climbing ini hanya menggunakan kapur yang diaplikasikan pada tangan mereka agar tidak terpeleset saat memanjat. Jika pada tengah tebing mereka terpeleset atau salah memilih cengkraman makan otomatis jatuh dan mengalami kematian atau cacat permanen.

BASE Jumping

BASE Jumping atau Building, Antenna, Span and Earth Jumping menjadi pengisi peringkat pertama sebagai olahraga paling berbahaya di dunia. Bagaimana tidak, sudah tercatat 180 kasus yang memakan korban selama 20 tahun.

Aktivitas berbahaya ini sebagian besar dilakukan secara ilegal dan sering dipraktikkan tanpa tim keselamatan ataupun petugas medis resmi. Olahraga ini dilakukan dengan cara melompat dari tebing ke tebing lainnya tanpa ada standar pengaman.

BASE jumping yang diselenggarakan oleh masyarakat sejak tahun 1981 ini sangat berisiko karena sudah memakan korban hingga 362 jiwa.

Demikian informasi mengenai olahraga paling berbahaya di dunia, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca semua.