5 JENIS OLAHRAGA UNTUK ANAK USIA DINI

Bukan hanya untuk manusia dewasa saja, ternyata olahraga juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Tak hanya memiliki manfaat secara fisik saja, olahraga juga dapat memberikan manfaat baik secara mental maupun sosial.

Bahkan, olahraga pada anak disebut-sebut dapat meningkatkan kecerdasan lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Michigan State University’s Institute, anak yang gemar berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan yang tidak atau jarang berolahraga. Disebutkan bahwa olahraga dapat membantu mengajarkan anak untuk lebih konsentrasi pada tugas serta mengatur waktu lebih efektif.

Dari sisi fisik, anak yang sudah terbiasa berolahraga saat masih kecil, maka ia akan melakukan hal yang sama saat dewasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh America Academy of Pediatric, anak-anak setidaknya membutuhkan waktu 60 menit untuk melatih fisik mereka. Selain itu, anak-anak yang sering olahraga sejak kecil juga bisa terhindar dari risiko obesitas saat ia besar nanti.

Baca Juga : 5 Olahraga Terbaik Menurut Sains, Salah Satunya Jalan Kaki

Lalu apa saja olahraga yang baik untuk anak usia dini? Berikut adalah lima jenis olahraga anak yang bisa diajarkan pada anak sejak usia dini:

1. SEPAKBOLA

Tak hanya disukai oleh dewasa, olahraga sepakbola juga dicintai oleh anak-anak. Tak heran bila sepakbola menjadi olahraga terpopuler di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Olahraga ini sangat baik untuk anak baik secara fisik maupun mental. Diantaranya adalah meningkatkan daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi mata dan kaki, keseimbangan, kontrol berat badan. Sedangkan dari sisi mental, anak dapat belajar disiplin, sportivitas dan kerjasama.

2. SENAM ATAU GIMNASTIK

Gimnastik adalah salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk anak-anak. Manfaat dari olahraga ini pun banyak diantaranya melatih kekuatan dan kelenturan tubuhnya serta juga fisik dan stamina anak bisa berkembang dengan baik. Tidak hanya itu, senam juga baik untuk melatih keseimbangan tubuh agar tetap kokoh dan tidak mudah terjatuh. Olahraga ini juga bisa dilakukan oleh semua anak-anak lho baik laki-laki maupun perempuan.

3. BERENANG

Renang merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk diperkenalkan dan diajarkan sejak usia muda. Mengapa? Dengan berenang bisa akan menambah keahlian anak tentang keamanan di air atau water safety. Dari sisi kesehatan, dengan berenang anak akan dilatih untuk mengatur stamina dan juga pernafasan serta melatih kerja otot tubuhnya. Olahraga ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asma pada anak, sebab paru-paru akan dilatih dengan maksimal dan efisien saat olahraga ini.

4. BERSEPEDA

Setiap anak pasti akan sangat menyukai olahraga bersepeda. Walaupun pada awalnya, anak akan bersepeda roda tiga untuk belajar mengayuh pedal. Setelah dirasa anak sudah cukup besar dan waktunya untuk menggunakan sepeda roda dua, anak akan belajar untuk menjadi lebih berani namun tetap penuh kehati-hatian. Dari sisi kesehatan, manfaat olahraga bersepeda bagi anak adalah melatih keseimbangan tubuh, melatih kekuatan kaki, serta melatih otot jantung agar tetap bugar. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan pakaian olahraga sepeda beserta dengan alat pengamannya ya.

5. INLINE SKATE

Inline skate adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan. Tak heran bila olahraga ini cukup populer di kalangan anak-anak. Olahraga ini bahkan bisa dimulai untuk anak usia 4 tahun asalkan anak tersebut mempunyai keterampilan motorik sangat baik. Saat anak tertarik olahraga ini, pastikan ia belajar dengan pelatih professional. Yang paling penting adalah jangan lupa untuk memastikan anak menggunakan semua alat pengaman saat belajar mulai dari bantalan siku, helm, dan bantalan lutut. Seperti halnya bersepeda, olahraga inline skate juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, melatih koordinasi otot, melatih kebugaran jantung, melatih kekuatan otot, serta melatih fleksibilitas tubuh anak.

Ternyata ada banyak pilihan olahraga untuk anak-anak. Agar anak bersemangat olahraga, jangan lupa untuk memfasilitasi aktivitas olahraga anak-anak dengan pakaian olahraga dan sepatu olahraga yang nyaman. Lengkapi kebutuhan olahraga anak mulai dari pakaian olahraga renang, pakaian olahraga senam, sepatu olahraga sepakbola, pakaian olahraga sepeda dan pakaian olahraga atau sepatu olahraga lainnya di Decathlon, produsen peralatan olahraga terbaik dan terlengkap.