Cerita Akhir Pekan: Mengapa Katering Sehat Identik Mahal?

Jakarta – Gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rutinitas berolahraga sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat ibu kota. Tak heran jika akhirnya katering sehat dan minuman detoks menjamur, lantaran peminatnya memang banyak.

Bicara mengenai makanan dan minuman, tentu tak terlepas dari rasa yang pertama kali menjadi bahan pertimbangan orang untuk mengonsumsinya. Sebab kini acuan kata sehat tak selalu berarti kurang enak, tapi mungkin catering sehat dan minuman detoks tetap identik dengan mahal, mengapa?

Marketing Executive Green Spoon, Septry Mutiara mengungkap fakta bahwa sebenarnya ada nilai lebih dari mengonsumsi makanan dari katering sehat yang merupakan salah satu bentuk investasi. “Kita selalu mengedepankan kualitas, tentunya dengan menggunakan bahan baku seperti daging pilihan dan sayur-sayuran yang segar,” ujar Septry melalui keterangan tertulis m, Sabtu 29 Oktober 2022.

Dengan konsistensi itu, konsumen tidak beralih. Penyajian yang premium melalui menu-menu menarik dan kekinian juga menjadi nilai tambah, tentunya rasanya enak dan tetap termasuk kategori makanan sehat.

Tak ada lagi rasa hambar maupun kesan tak berselera untuk bisa menyantap menu sehat setiap harinya. Bahkan katering sehat juga menjadi cara menjalankan diet seimbang. Green Spoon pun selalu mengkalkukasi katering khusus menu diet di bawah 500 kalori per box untuk mengakomodir klien yang ingin lebih mudah menjalankan program penurunan berat badan.

Sementara itu harga katering sehat yang relatif mahal karena memang biasanya dikemas premium. Green Spoon yang sudah berdiri sejak 2017 membuat menunya 100 persen tanpa MSG, namun rasanya tetap lezat dan memiliki cita rasa. “Kita juga hanya pakai olive oil dan canola oil, serta garam pura sea salt yang baik untuk kesehatan,” ia menuturkan.

Bagi konsumen yang ingin berhasil menjalankan program dietnya maupun berharap bisa konsisten menerapkan gaya hidup sehat, menu-menu yang disajikan dipastikan tak akan membosankan. Sebab Green Spoon punya lebih dari 150 menu sehat pilihan, sebut saja beberapa di antaranya ayam geprek mozzarella, pizza extra supreme, beef burger, tom yum, dan masih banyak lagi menu lezat lainnya namun versi sehat.

Septry menambahkan, “Setiap box sudah diperhitungkan nutrisinya oleh in-house certified nutritionist kami, mulai dari kalori, fat, carbs, dan protein”. Inilah yang menjadikan pertimbangan katering sehat punya nilai lebih, kosumen tak perlu lagi memikirkan atau merancang menu makan setiap harinya sehingga membantu mereka yang sibuk beraktivitas.

Konsumen Beragam

Lebih lanjut, Septry mengatakan konsumen yang memesan katering sehat relatif sangat beragam. Mulai dari profesional, entrepreneur, ibu rumah tangga, dan keluarga yang biasanya sibuk hingga tidak ada waktu untuk menyiapkan makanan tapi tetap ingin menikmati makanan yang sehat dan lezat, sehingga butuh praktis dan bisa diantar.

Klien Green Spoon terbagi dalam tiga program, yakni untuk weight loss (per box di bawah 500 kcal), maintenance (per box-nya 550-650 kcal), dan muscle up (per box 700-850 kcal). “Untuk menu yang paling disukai oleh konsumen kami beragam, ada yang suka Indonesian food, Chinese food, atau Western food. Tiga menu andalan kami adalah healthy beef lasagna, Japanese chicken katsu, dan shirataki sushi burrito salmon,” sebut Septry.

Dalam wawancara terpisah, Yoanne Adiningtyas, salah satu konsumen mengungkapkan alasannya mau membayar mahal katering sehat. “Membantu merubah kebiasaan makan tanpa pilih-pilih makanan, kebetulan ada alasan kesehatan juga sebagai alasan terkuat untuk punya tujuan weight loss,” kata Yoanne melalui keterangan tertulis, Jumat, 28 Oktober 2022.

Ia berlangganan katering sehat selama 2–3 bulan di Green Spoon dengan mengambil paket 1 bulan program weight loss dan 2 bulan menu maintenance untuk mengatur pola makannya. Sebelum berlangganan Yoanne mengaku meminta rekomendasi temannya terlebih dulu sebelum menentukan konsumsi katering sehat.

“Dari review tersebut cari rekomendasi yang bisa dipercaya, sebaiknya dari circle pertemanan kalau influencer nggak semua bisa kasih rekomendasi jujur karena mereka kadang bisa bias rekomendasinya,” ungkapnya lagi.

Bantu Atur Pola Makan

Sementara itu, sebagai konsumen menurut Yoanne sebenarnya katering sehat bukan menjadi faktor utama untuk menerapkan kebiasaan pola makan sehat. Terlebih jika durasi berlangganannya hanya sebulan atau dua bulan. Agar tujuan mengurangi berta badan berhasil, sangat disarankan untuk tetap rutin aktivitas olahraga.

Namun memang untuk maintenance pola makan, berlangganan katering sehat akan sangat membantu membiasakan. Selain untuk diet, bahkan kebutuhan lain saat tak sempat menyiapkan makan siang karena agenda pekerjaan yang lumayan repot menyebabkan pola makan berantakan.

Yoanne mengaku menghabiskan dana sekitar Rp1,5 hingga Rp2 juta per bulan untuk berlangganan katering diet. Menurutnya nilai tersebut terbilang sebanding dengan hasilnya, namun tentu akan berbalik lagi untuk komitmen menjalankan pola makan seimbang. “Kalo misal nggak konsisten pasti rasanya nggak sebanding. Kalo misal habit sudah berubah dan merasa bisa mengendalikan pola makan nggak perlu diterusin (langganan katering sehat),” ia menambahkan.

Jus Detoks

Selain katering sehat, ada minuman detoks yang juga ikut menjadi tren gaya hidup sehat warga ibu kota. Founder Nakedpress, Dewi Kusuma mengatakan ia membuat brand minuman detoks berawal dari perjalanan kesehatannya sendiri. “Saat itu di umur 30, di ovarium saya ditemukan kista dan fibroid. Sejak saat itu saya komitmen untuk hidup lebih sehat, salah satunya puasa dengan cold pressed juice sayuran,” ungkap Dewi melalui keterangan tertulis, Sabtu 29 Oktober 2022.

Lantaran memang ingin menyehatkan badan dan berharap orang lain bisa merasakan hal yang sama, ia pun berkomitmen untuk menjaga vitamin mineral dan antioksidan dalam cold pressed juice semurni mungkin. Bebas pengawet, gula, dan segar, sehingga jus detoksnya hanya tahan tiga hari dan harus disimpan dalam kulkas.

Varian menu yang ditawarkan biasanya berdasarkan golongan pelanggan pada umumnya yaitu untuk penurunan berat badan, maag gerd, ataupun untuk supaya mens teratur. Saat ditanya tentang harga minuman detoks yang mahal, Dewi mengungkap dibanding harga ada nilai lain yang didapat konsumen.

“Cold pressed juice adalah salah satu bentuk investasi sehat. Memang nggak murah, tapi kedepannya banyak yang dihemat, biaya kesehatan, skincare, biaya rumah sakit, dan lainnya. Bisa mulai dari minum cold pressed juice 1 liter Rp100 ribu setiap minggu,” sebut Dewi.

Baca Juga: