Ini Manfaat Olahraga Panahan bagi Tubuh

Jakarta – Memanah atau olahraga panahan mungkin dianggap sebagai hobi yang menyenangkan oleh banyak orang. Beberapa menganggap olahraga ini termasuk olahraga yang mahal dan bergengsi. Sebenarnya, jauh sebelum itu, busur dan anak panah pertama kali telah digunakan sejak tahun 5000 SM,

Memang, kebanyakan orang-orang masa itu memanfaatkan panah untuk berburu. Namun, seiring dengan zaman yang terus berkembang, kini memanah menjadi cabang olahraga yang sangat populer, bahkan ditampilkan di Olimpiade.

Seorang pemanah profesional membutuhkan banyak kekuatan dan harus mampu fokus serta berkonsentrasi ketika memanah agar anak panahnya bisa tepat mengenai sasaran. Sebagian besar orang menganggap olahraga ini adalah jenis olahraga statis, padahal tetap saja, dibutuhkan tenaga yang besar untuk melakukannya.

Baca Juga : Kenapa Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee Kerap Jadi Pusat Perhatian?

Bahkan, memanah juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa di antaranya:

Membantu Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Manfaat utama dari olahraga memanah adalah meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Mengarahkan dan menembakkan anak panah juga dapat membantu meningkatkan fokus. Sementara koordinasi ini bisa semakin kamu tingkatkan dengan terus berlatih. Kamu harus menjaga tubuh dalam posisi yang konstan ketika menembakkan panah, dan ini pun meningkatkan keseimbangan.

Membangun Kekuatan Tubuh

Ketika memanah, kamu menggunakan semua komponen tubuh, terutama lengan, tangan, dada, dan bahu, ketegangan pada otot dipertahankan selama beberapa detik sebelum kamu melepaskan anak panah. Hasil aktivitas yang kamu lakukan berulang ketika memanah inilah yang membantu mengembangkan otot dan membangun kekuatan tubuh.

Melatih Kesabaran

Tidak hanya memancing, ternyata olahraga memanah juga membantu melatih kesabaran. Olahraga ini sebenarnya bukan tentang kecepatan, tetapi ketepatan anak panah membidik sasaran dengan jarak yang terbilang jauh. Ketepatan membutuhkan waktu dan kamu sudah pasti harus punya kesabaran yang tinggi untuk memaksimalkan akurasi bidikan.

Membantu Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Seorang pemanah tidak boleh terdistraksi dengan gangguan dan harus fokus ketika melepaskan anak panah secara konsisten. Tidak hanya itu, konsentrasi tinggi yang dibutuhkan ketika membidik dan melepaskan anak panah juga akan bermanfaat nantinya saat kamu menghadapi situasi dengan tekanan berat dalam kehidupan sehari-hari.

Membantu Relaksasi

Ketika kamu melepaskan anak panah dan melihatnya tepat mengenai sasaran, kamu akan merasakan adanya kelegaan yang luar biasa. Manfaat memanah satu ini bisa membantu mengurangi stres dan membuat kamu merasa lebih rileks. Meski membutuhkan banyak fokus dan konsentrasi, tetapi ada perasaan menyenangkan ketika kamu memanah dan selalu tepat sasaran.

Salah Satu Bentuk Latihan

Pada level perlombaan atau kompetisi, seorang pemanah akan berjalan dengan membawa busur yang terbilang tidak ringan. Nah, aktivitas ini ternyata membantu membakar kalori hingga 280 kalori setiap jamnya, menjadikan memanah sebagai bentuk latihan yang sempurna. Jadi, meski terlihat diam, ternyata kalori yang dikeluarkan untuk olahraga satu ini terbilang besar, ya?

Sudah pasti, dibutuhkan pemanasan ringan sebelum kamu memulai memanah guna menghindari terjadinya cedera. Tidak heran, karena panahan termasuk dalam kategori olahraga berat, meskipun bisa dilakukan oleh siapa saja