7 Jenis Olahraga Ekstrim di Dunia, Tidak Sembarangan dan Bernyali Kuat

JAKARTA – Jenis olahraga ekstrim di dunia wajib diketahui buat yang ingin mencari pengalaman yang mendebarkan jantung. Karena berbeda daripada umumnya, olahraga ini penuh bahaya dan syarat untuk mencobanya adalah harus memiliki nyali yang kuat.

Seperti diketahui olahraga ekstrim merupakan jenis olahraga yang memiliki risiko sangat tinggi. Maka dari itu bagi orang-orang yang menggelutinya tentunya mereka harus mendapatkan keamanan maupun pengawasan ketat agar terhindar dari dampak fatal seperti cidera, ataupun nyawa yang tidak terselamatkan.

Baca Juga : 5 Olahraga Terbaik Menurut Sains, Salah Satunya Jalan Kaki

Jenis Olahraga Ekstrim di Dunia

Lantas apa saja yang masuk dalam olahraga yang berbau ekstrim dari seluruh dunia? Berikut simak rangkumannya di bawah ini:

7. Parkour

Parkour termasuk kedalam kategori olahraga ekstrim. Bagaimana tidak, olahraga ini sangat membutuhkan kehati-hatian, jika tidak akan beresiko fatal seperti cedera, berdarah atau mungkin bisa mengakibatkan patah tulang.

Sebelum nantinya handal dalam melakoni parkour. Sebaiknya rutin untuk berlatih serta bergabung dalam komunitas Parkour. Nantinya penampilannya dapat berkembang pesat dan terlihat apik.

6. Akrobatik

Selanjutnya ada akrobatik, olahraga ekstrim satu ini meliputi sejenis senam, tari, balet maupun sirkus. Saat melakukannya perlu dilakukan kerja sama yang presisi agar tidak menimbulkan hal tidak diinginkan atau mengakibatkan cedera.

Berdasarkan informasi akrobatik itu sendiri dipertunjukan pada ajang tradisi maupun budaya. Keberadaannya sudah ada sejak jauh di masa silam.

5. Terjun Payung

Olahraga ini diawali dengan loncat dari pesawat sambil melayangkan diri di langit namun dengan bantuan pengaman parasut. Ini tentunya akan sangat memompa adrenalin dengan olahraga terjun payung.

Aktivitas terjun payung sebisa mungkin untuk orang-orang yang tidak takut akan ketinggian. Dibalik itu harus memiliki pengalaman luas. Bagi yang baru mencoba diusahakan harus didampingi agar tidak terjadi kecerobohan ataupun hal tidak diinginkan.

4. Berselancar

Selancar bisa dikatakan salah satu olahraga yang ekstrim karena harus mengarungi berbagai macam ombak dan beresiko tinggi. Sehingga hal ini memacu adrenalin bagi yang tengah menggelutinya.

Meski olahraga ini tidak terlalu berbahaya namun juga memiliki risiko besar. Salah satunya saat digulung ombak kuat dan tinggi. Maka para peselancar sepatutnya harus memiliki taktik dan kemampuan yang jitu agar bisa terhindar kerasnya ombak dan mampu melewatinya

3. Naik Gunung

Pada saat mendaki gunung perlu adanya persiapan serta memiliki mental kuat untuk menjalaninya. Agar kondisi serta perjalanannya nantinya disana tidak mengkhawatirkan.

Bagi yang ahli dalam melakukan naik gunung pasti membawa apa yang mesti diperlukan sesuai kebutuhan. Jadi saat nanti naik gunung tidak menimbulkan resiko ataupun insiden.

2. Arung Jeram

Olahraga yang memacu ekstrim selanjutnya adalah arung jeram. Bagi kalian yang memiliki pengalaman dan lebih dari sekedar hobi pastinya akan mencoba memilih sungai dengan arus yang lumayan kuat.

Namun itu tidak berlaku bagi orang awam ataupun pemula untuk mencoba arung jeram dengan arusnya yang besar. Meskipun ini dapat mengakibatkan resiko yang fatal.

Sebelum melakukan olahraga satu ini tentunya harus bermental kuat untuk mencobanya. Tidak ketinggalan sedia memakai alat pengaman seperti pelampung maupun pelindung kepala.

1. Panjat Tebing

Olahraga satu ini pasti sering didengar dan tak asing di benak telinga kalian. Ya, sebut saja panjat tebing yang membutuhkan peralatan lengkap saat memanjatnya agar tidak menimbulkan resiko fatal atau hal tidak diinginkan.

Apalagi saat melakukannya di tebing alam bebas. Khusus bagi orang-orang yang sudah terlatih dan memiliki pengalaman banyak sehingga terlindung dan terhindar dari marabahaya.

Demikian pembahasan mengenai olahraga ekstrim di dunia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.