Trending Tags
Simak Cara untuk Mencegah Penyakit Maag

Simak Cara untuk Mencegah Penyakit Maag

Penyakit yang sudah lumrah terjadi di masyarakat adalah maag. Sakit yang menyerang lambung ini mempunyai penyebab beragam, seperti telat makan, makanan tidak sehat, serta gaya hidup lainnya. Jika dibiarkan tanpa pengobatan lanjut, maka dapat berdampak serius. Oleh sebab itu, apabila pernah mengidapnya, sebaiknya lakukan sejumlah cara pencegahan.

Cara Mencegah Penyakit Maag

Terjadi kerusakan pada bagian dinding lambung diakibatkan oleh naiknya produksi asam lambung hingga reaksi peradangan. Jika sudah begini, maka penderita akan merasakan sakit perut, nyeri dada disertai sensasi terbakar, sering sendawa, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang pernah menderita sakit ini, maka dapat melakukan cara pencegahan seperti berikut.

1. Makan Teratur

Cara pertama untuk mencegah sakit maag datang adalah dengan makan secara teratur. Biasakan untuk sarapan di pagi hari selain untuk bekal energi juga bagus untuk pencernaan. Jika jadwal makan sudah normal, maka sistem saluran pencernaan tersebut dapat berjalan secara baik. Hal tersebut juga mendorong nafsu makan semakin bagus.

2. Jangan Makan Makanan Terlalu Pedas/Asam

Selain jadwal, Anda juga perlu mengontrol jenis makanan apa saja yang tepat. Salah satu wajib menjadi perhatian adalah tidak konsumsi makanan pedas dan asam. Itu akan membuat dinding lambung terinfeksi sehingga dapat memicu munculnya bakteri bernama H. Pylori. Jika sudah masuk, maka menyebabkan rasa sakit perut serta gejala lainnya.

3. Kurangi/Tidak konsumsi Kopi, Teh, dan Alkohol

Tidak hanya makanan saja, Anda juga perlu memperhatikan beberapa jenis minuman yang tidak ramah dengan lambung. Sebut saja kopi, teh, serta alkohol. Ketiga minuman tersebut dapat membuat asam lambung naik sehingga dinding lambung terkikis. Itu kemudian menyebabkan terjadinya infeksi. Jika sudah seperti ini, maag dapat kambuh lagi.

4. Pilih Makanan Dimasak dengan Direbus

Konsumsi makanan sehat juga bisa dilihat dari cara pengolahannya. Dalam hal ini, pilihlah makanan yang dimasak dengan cara direbus alih-alih digoreng. Lemak juga bisa berpengaruh terhadap proses pencernaan. Melalui konsumsi pilihan lebih sehat, maka kesehatan lambung dapat terjaga lebih baik serta menghindari penyakit maag.

5. Ubah Pola Tidur

Gaya hidup sehat juga tercermin dari pola tidur. Hal tersebut mempengaruhi kesehatan organ pencernaan juga. Tidur cukup dapat membuat pikiran jauh lebih tenang sehingga terhindar dari stress. Tidurlah minimal 7-8 jam sehari. Dengan demikian, juga berpengaruh pada organ tubuh lainnya untuk mendukung aktivitas metabolisme dan lainnya.

Itu dia ulasan mengenai bagaimana cara untuk melakukan pencegahan penyakit maag. Orang yang sudah punya riwayat sakit ini juga bisa mencegahnya. Dengan begitu, tidak akan bertambah semakin parah. Anda bisa temukan ragam informasi parenting melalui orami.co.id dan belanja berbagai kebutuhan si kecil secara mudah dengan pilihan lengkap.

Beberapa Contoh Kata Konjungsi Temporal Berdasarkan Jenisnya Previous post Beberapa Contoh Kata Konjungsi Temporal Berdasarkan Jenisnya
Cara Memilih Ukuran Bra yang Tepat ala SehatQ Next post Cara Memilih Ukuran Bra yang Tepat ala SehatQ