Trending Tags
Komitmen Nestle dan Upaya Nyata Melestarikan Lingkungan

Komitmen Nestle dan Upaya Nyata Melestarikan Lingkungan

Isu lingkungan saat ini menjadi salah satu isu yang perlu diperhatikan dengan seksama mengingat keberadaannya penting untuk masa depan. Ada banyak permasalahan yang terjadi salah satunya adalah sampah yang diproduksi oleh pabrik atau bungkus makanan. Nestle berkomitmen untuk melestarikan lingkungan melalui berbagai program yang dijalankan.

Misi Melestarikan Lingkungan

Sebuah misi yang diusung oleh Nestle dalam menjaga lingkungan berpegang teguh pada satu prinsip. Prinsip ini yaitu menggunakan semua sumber daya dengan lebih efisien, mengurangi limbah yang dihasilkan, serta mengajak yang lain untuk melakukan hal tersebut.

Misi ini dijalankan Nestle dalam program CSV (Created Sharing Value) fokus pada dua poin. Poin pertama adalah untuk masyarakat dimana sumber daya pada dasarnya milik semua orang dan keberadaannya harus dilestarikan.

Poin kedua untuk keberlanjutan bisnis dimana dalam praktiknya, Nestle sangat bergantung pada bahan baku yang berasal dari alam. Perlu kondisi tertentu yang perlu dijaga untuk mempertahankan produksi bahan baku seperti iklim, tanah, laut, air, hingga temperature.

Komitmen dan Bentuk Nyata

Satu hal yang Nestle inginkan adalah masa depan tanpa adanya limbah dan sisa-sisa produksi yang tidak bisa diolah lagi. Dalam hal ini berarti langkah yang harus dilakukan adalah dengan peningkatan program daur ulang di berbagai bidang.

Selain itu, perlu juga dilakukan pembenahan dan perbaikan dari opsi pengemasan yang selama ini dirasa belum ramah lingkungan. Tidak hanya dari produksi pabrik saja, ada langkah khusus yang dijalankan untuk mengajak petani, pemasok, dan konsumen untuk punya sikap berkelanjutan.

Selama lima tahun program ini dijalankan dan komitmen untuk menerapkan segala hal dengan prinsip berkelanjutan, ada pencapaian besar. Nestle telah berhasil memenuhi target dari pengurangan penggunaan bahan kemasan yang tidak bisa didaur ulang lebih cepat untuk melestarikan lingkungan.

Di tahun 2020, program sudah bergeser ke arah riset dan pengembangan material baru untuk kemasan dan sistem pengirimannya. Ada koneksi yang terhubung di antara satu bagian dengan dunia luar untuk menciptakan keberlanjutan bersama dengan konsumen. Koneksi dengan petani juga dijaga agar rantai pasok bisa dijalankan secara lebih bertanggung jawab.

Ambisi Zero Waste

Ada ambisi besar dimana semua bahan produksi sebisa mungkin tidak lagi sampai pada produk limbah. Semua bahan yang ada dipakai dalam sistem produksi yang terus-menerus kami upayakan meningkat efisiensinya. Pencapaian untuk zero waste sendiri menjadi komitmen yang perlu dijalankan terus-menerus.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, Nestle menjadi salah satu yang terdepan dalam pemberian produk makanan terhadap orang yang membutuhkan. Semua sistem pemasaran di bawah naungan Nestle memberikan produk-produk yang berlebihan secara langsung, tidak lagi dibuang ke tempat sampah.

Nestle punya komitmen kuat untuk melestarikan lingkungan dengan beberapa program seperti pengurangan limbah dan mempertahankan alam. Ada kesadaran besar bahwa tidak hanya masyarakat, Nestle juga perlu alam yang baik untuk kehidupan selanjutnya.

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas Previous post Contoh Laporan Keuangan Arus Kas
Kopi Tanpa Gula Yang Sehat Next post Kopi Tanpa Gula Yang Sehat