Trending Tags
Kenali Masa Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal Sejak Dini

Kenali Masa Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal Sejak Dini

Menstruasi merupakan hal wajar yang dialami oleh setiap wanita setelah memasuki masa pubertas. Seperti fenomena lainnya, menstruasi pun ada yang normal dan tidak normal. Sebagai contoh, masa menstruasi yang normal adalah setiap 21-35 hari, dan apabila terjadi kurang atau lebih dari itu bisa dikatakan tidak normal.

Pengertian Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi bisa dikatakan sebagai sebuah rangkaian perubahan tubuh pada perempuan yang terjadi setiap bulan untuk mempersiapkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Rahim akan mengeluarkan sel telur. Proses ini disebut dengan ovulasi.

Di waktu yang sama, akan terjadi perubahan hormon pada rahim. Apabila di masa ovulasi tersebut tidak ada pembuahan yang terjadi, maka dinding rahim akan meluruh dan keluar melalui vagina. Inilah yang disebut dengan periode menstruasi.

Siklus Menstruasi yang Normal

Pada umumnya, siklus menstruasi akan dihitung mulai dari hari pertama dalam satu periode menstruasi hingga hari pertama periode berikutnya. Setiap wanita mungkin tidak sama waktunya dan biasanya terjadi setiap 21-35 hari serta berhenti dalam 2-7 hari. Di tahun-tahun awal menstruasi dimulai biasanya siklus akan lebih panjang dan memendek seiring dengan bertambahnya usia.

Cara Mengamati Siklus Menstruasi

Lalu, bagaimana cara untuk mengamati siklus menstruasi? Cara paling baik adalah dengan mencatat siklus tersebut di kalender atau menggunakan bantuan handphone. Pencatatan dimulai dari tanggal awal setiap periode selama beberapa bulan berturut-turut untuk memantau tingkat keteraturan periode menstruasi. Beberapa hal yang perlu dicatat adalah tanggal akhir, banyaknya aliran, apakah ada pendarahan abnormal, rasa sakit, dan perubahan lain.

Penyebab Menstruasi Tidak Normal

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan menstruasi menjadi tidak normal. Yang pertama adalah karena sedang memasuki masa kehamilan atau menyusui. Salah satu tanda dari kehamilan adalah tertundanya periode menstruasi. Selain itu, menyusui juga bisa menunda menstruasi.

Berikutnya, perubahan pola makan yang tidak teratur adalah salah satu penyebab kenapa menstruasi menjadi tidak normal. Ketidakteraturan ini bisa berupa waktu makan yang berubah-ubah, perubahan jumlah makanan yang dikonsumsi, atau ketika melakukan olahraga yang berlebihan.

Ketiga, menstruasi yang tidak normal juga bisa disebabkan karena terjadinya kegagalan ovarium prematur. Kasus ini terjadi ketika fungsi ovarium normal menghilang sebelum memasuki usia 40 tahun. Wanita yang mengalami kasus ini berpotensi mengalami periode menstruasi yang jarang selama bertahun-tahun.

Terakhir, penyebab menstruasi yang tidak normal adalah uterine fibroids, yakni kasus berupa perkembangan jaringan di dalam rahim. Kondisi tersebut bisa menyebabkan periode menstruasi yang cukup berat disertai pendarahan di antara periode menstruasi.

Apabila mengalami masa menstruasi yang tidak normal, sebaiknya segera periksa dan konsultasi ke dokter. Dengan begitu, masalah tersebut dapat segera teratasi dan tidak membuat kekhawatiran yang cukup lama.

Resep Pepes Ikan Tongkol Praktis dan Mengenyangkan Previous post Resep Pepes Ikan Tongkol Praktis dan Mengenyangkan
Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur Next post 3 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur