Trending Tags
Contoh Laporan Keuangan Arus Kas

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas

Laporan arus kas berisikan informasi yang menunjukan alur atau aliran kas perusahaan. Laporan ini dapat digunakan sebagai indikator aliras kas usaha di masa mendatang. Contoh laporan keuangan arus kas berbeda setiap perusahaan tergantung jenis perusahaan namun hampir sama yaitu arus kas.

Elemen dalam Laporan Arus Kas

  1. Aktivitas Operasi

Aktivitas operasi dimulai dengan pendapatan bersih atau rugi bersih Anda dan tambahkan atau kurangi untuk menyesuaikan pendapatan bersih Anda dengan total arus kas Anda. Apa yang ditambahkan atau dikurangi adalah saldo aset dan kewajiban jangka pendek saat ini di neraca dan perubahan pada akun non tunai. Kemudian Anda akan mendaptkan hasil pendapatan bersih.

  1. Aktivitas dari Investasi

Jenis arus kas yang dari aktivitas investasi ini merupakan laporan pertumbuhan investasi atau penyertaan modal (CapEx / Capital Expediture) dan investasi jangka panjang. Biaya modal berhubungan dengan perolehan aset, pabrik dan peralatan.

Investasi jangka panjang termasuk utang dan saham perusahaan lain. Faktor penting lainnya di sini adalah mengakuisisi bisnis lain. Di atas segalanya, perlu diingat bahwa perubahan aset tetap dilaporkan di neraca sebagai arus kas dari aktivitas investasi. Bisa lihat contoh laporan keuangan agar lebih mengerti.

  1. Aktivitas dari Pendanaan

Juga dikenal sebagai arus kas dari aktivitas keuangan, kategori ini mengacu pada penerbitan atau penebusan saham atau obligasi di perusahaan dan pembayaran dividen. Pergerakan utang jangka panjang dan neraca disajikan dalam laporan arus kas pendanaan.

Cara Menyusun Laporan Arus Kas

Pengelolaan keuangan ini dapat dilakukan dari dua sumber data. Neraca dan laporan laba rugi saat ini dan historis untuk periode berjalan. Langkah untuk menyusun laporan arus kas yaitu menghitung kenaikan dan penurunan kas, menghitung kas bersih aktivitas operasi, kas bersih aktivitas investasi, dan kas bersih aktivitas pendanaan. Setelah itu hitung kas bersih ketiganya dan saldo kas awal.

Pahami contoh laporan keuangan arus kas terlebih dahulu. Untuk pencatatan laporan keuangan bisa menggunakan bantuan aplikasi Moodah dengan penggunaan yang sama untuk penyusunan laporan keuangan yang lengkap dan real time termasuk penyusunan neraca, arus kas, perubahan ekuitas, dan laba rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kelebihan Mesin Kopi Otomatis, Pecinta Kopi Harus Tahu! Previous post Kelebihan Mesin Kopi Otomatis, Pecinta Kopi Harus Tahu!
Komitmen Nestle dan Upaya Nyata Melestarikan Lingkungan Next post Komitmen Nestle dan Upaya Nyata Melestarikan Lingkungan