Trending Tags
Berikut Penyebab Anak Kurang Gizi

Berikut Penyebab Anak Kurang Gizi

Anak kurang gizi menyebabkan daya kembang anak menjadi buruk. Oleh karena itu, orang tua perlu tahu penyebab kenapa anak kekurangan gizi. Yang selanjutnya orang tua dapat mengantisipasinya dengan baik.

Anak yang kurang gizi sangat rentan kekurangan makronutrisi seperti karbohidrat, protein dan lemak serta mikronutrisi seperti mineral dan vitamin.

Bentuk paling umum ketika anak mengalami kekurangan gizi adalah marasmus dan kwashiorokor. Akibat kekurangan gizi pada anak sangat fatal.

Misalnya, anak kekurangan asupan makan, berat badan tidak ideal, gagal tumbuh hingga tinggi badan tidak sesuai dengan aturan. Lantas apa saja penyebab anak bisa kekurangan gizi? Berikut penyebabnya :

1. Orang tua tidak tahu pentingnya gizi pada anak

Kekurangan gizi pada anak disebabkan karena orang tuanya tidak tahu bagaimana pola makan anak yang bagus agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi. Ini adalah penyebab yang paling umum terjadi.

Karena ketidaktahuan tersebut, orang tua tidak paham berapa nutrisi yang harus dikonsumsi oleh anak setiap harinya. Wajar saja jika anak menjadi kekurangan asupan nutrisi.

Bahkan jika orang tua tahu nutrisi, tidak sedikit dari mereka yang kurang paham berapa seharusnya takaran yang disarankan untuk anak-anak. Oleh karena itu, pengetahuan gizi sangat penting bagi orang tua.

2. Ekonomi yang rendah

Faktor ekonomi juga menjadi faktor kenapa anak sangat mudah terserang kekurangan gizi. Hal tersebut karena porsi dan jenis makanan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan gizi yang disarankan.

Akhirnya anak mengalami kekurangan gizi yang pasti sangat berakibat fatal bagi anak tersebut. Namun hal tersebut dapat diakali dengan mengetahui jenis makanan yang baik untuk perkembangan anak.

Ingat, sumber makanan yang baik untuk gizi anak tidak harus mahal. Banyak sekali makanan yang murah tapi kandungan gizinya sangat tinggi. Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan makanan tersebut.

3. Kebersihan lingkungan sangat buruk

Faktor selanjutnya adalah kebersihan lingkungan di sekitar anak tinggal. Umumnya, anak yang kurang gizi tinggal di lingkungan dengan kebersihan yang tidak terjaga.

Akhirnya anak mulai terserang berbagai penyakit yang mempengaruhi gizi anak tersebut. Kebersihan lingkungan juga menghambat penyerapan gizi pada tubuh anak.

Agar anak Anda tidak mengalami hal yang seperti ini, disarankan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan baik. Jangan sampai sampah berserakan di mana-mana.

4. Menderita penyakit tertentu

Anak yang kekurangan gizi juga bisa menderita penyakit yang akhirnya menyebabkan gizinya terus berkurang atau tidak bisa terserap dengan baik ke dalam tubuh.

Contoh penyakit yang ada kaitannya dengan anak kurang gizi adalah radang usus, penyakit celiac dan juga penyakit chron.

Itu tadi beberapa penyebab kenapa anak bisa kekurangan gizi. Antisipasi sedini mungkin menjadi langkah terbaik agar kebutuhan gizi pada anak tetap terjaga dengan baik.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi harian Dengan Susu Ensure Cokelat Previous post Memenuhi Kebutuhan Nutrisi harian Dengan Susu Ensure Cokelat
Tips Membeli Mobil Alphard Bekas Next post Tips Membeli Mobil Alphard Bekas