7 Manfaat Olahraga Berkuda bagi Kesehatan, Bantu Melatih Otot hingga Bakar Kalori

Olahraga apa yang Anda pikirkan ketika hendak menggerakkan badan? Jogging, berenang, bermain bola, atau bersepeda mungkin menjadi jenis olahraga yang terlintas di benak Anda. Tapi, ada satu jenis olahraga yang jarang terpikirkan dan mungkin bukan menjadi pilihan olahraga bagi kebanyakan orang. Olahraga tersebut adalah berkuda.

Mungkin kita pernah melihat seseorang berkuda ketika berada di tempat wisata, peternakan, atau di kebun binatang. Tapi, ini sebenarnya bukan hanya untuk bersenang-senang, karena berkuda merupakan salah satu jenis olahraga, yang bahkan juga dipertandingkan.

Jika dilihat sekilas, olahraga ini tampak santai dan tidak menuntut banyak gerakan tubuh. Padahal, olahraga ini tidak sesantai yang terlihat, dan seperti olahraga lainnya, berkuda juga membutuhkan fokus dari beberapa bagian tubuh.

Olahraga berkuda juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi seseorang. Seperti yang akan kami sampaikan berikut ini, tentang manfaat olahraga berkuda yang dikutip dari laman horselearner.com.

Baca Juga : 5 MANFAAT BERENANG UNTUK TUBUH

Melatih Keseimbangan dan Koordinasi

Manfaat olahraga berkuda yang pertama untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. Penunggang kuda bisa tetap berada di atas kuda berkat keseimbangan tubuh mereka.

Dengan setiap langkah yang diambil kuda, penunggang juga perlu melakukan sedikit penyesuaian untuk tetap berada di atas kuda dengan bentuk yang benar. Selain itu, dia harus mengoordinasikan penggunaan semua alat bantu pada waktu tertentu untuk mengirimkan sinyal yang benar kepada kudanya.

Melatih Kekuatan Inti dan Kaki

Manfaat olahraga berkuda yang kedua adalah melatih kekuatan bagian inti tubuh dan kaki. Tetap di atas kuda membutuhkan bantuan dan aktivasi dari seluruh rangkaian otot. Bagi siapa pun yang baru pertama kali menunggang kuda atau kembali ke pelana setelah lama istirahat, Anda akan merasa rasa sakit dan nyeri yang terjadi di bagian tertentu.

Secara khusus, otot kaki dan otot inti sangat terlibat karena tempat duduk dan postur penunggang sangat didukung oleh otot inti, dan kedua kaki, tidak hanya untuk mencengkeram pelana, tetapi juga sebagai bantuan penting untuk berkomunikasi dengan kuda.

Membentuk Postur yang Baik

Manfaat olahraga berkuda yang ketiga untuk membentuk postur yang baik. Postur yang tegak dan punggung yang netral sangat penting dalam olahraga berkuda dan membantu memastikan penunggang dalam posisi yang benar di sadel.

Postur tubuh yang buruk akan membebani leher dan punggung atas Anda serta memengaruhi postur kuda. Mengendarai dengan postur tubuh yang salah dari waktu ke waktu dapat menyebabkan sakit punggung dan cedera.

Melatih Refleks Tubuh

Manfaat olahraga berkuda yang keempat untuk melatih refleks tubuh. Gerakan kuda terkadang tidak dapat diprediksi. Kuda bisa saja melempar Anda dan ketika mereka melakukannya, Anda hanya memiliki waktu sepersekian detik untuk memutuskan bagaimana Anda harus bereaksi. Itu berarti, Anda perlu mengandalkan naluri dan refleks untuk menentukan gerakan tubuh Anda.

Membakar Kalori

Manfaat olahraga berkuda yang kelima untuk membakar kalori. Olahraga berkuda memang tidak seperti olahraga lari atau mendayung. Ketika berkuda, kudalah yang akan melakukan sebagian besar pekerjaan.

Meskipun demikian, menunggang kuda juga dapat membakar kalori tubuh. Menurut British Equestrian Federation, menunggang kuda dengan lembut selama 30 menit dapat membakar sekitar 360 kalori dan membantu mengencangkan perut.

Menciptakan Perasaan Bahagia

Manfaat olahraga berkuda yang berikutnya mampu menciptakan perasaan bahagia. Studi menunjukkan bahwa menunggang kuda dapat meningkatkan kadar hormon serotonin, yang membuat suasana hati lebih baik, lebih dari jenis olahraga lainnya.

Ini mungkin sangat dirasakan oleh penunggang kuda berpengalaman. Menghabiskan waktu di kandang dan menunggang kuda sering kali dapat berkontribusi untuk mengangkat suasana hati seseorang, baik karena Anda aktif secara fisik tetapi juga karena Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai dan sesuatu yang membantu Anda melepaskan diri dari pikiran negatif atau perasaan stres.

Keseimbangan Mental dan Mengatasi Stres

Manfaat olahraga berkuda yang terakhir mampu menyeimbangkan mental dan mengatasi stres. Menunggang kuda membutuhkan sebagian besar perhatian Anda untuk tetap aman dan membimbing kuda ke mana ia harus pergi.

Efek samping dari hal ini adalah bahwa berkuda memungkinkan Anda untuk melepaskan diri dari stres dan kekhawatiran dalam hidup saat Anda fokus pada kuda dan lingkungan sekitar. Pikiran Anda akan beristirahat sejenak dan tingkat stres akan berkurang ketika pikiran Anda bergerak ke tempat lain.