Trending Tags
4 Jenis Obat Alergi yang Mudah di Dapatkan

4 Jenis Obat Alergi yang Mudah di Dapatkan

Reaksi alergi merupakan reaksi berlebihan yang di lakukan oleh sistem imunitasi pada tubuh manusia tertentu terhadap senyawa yang di anggap asing serta berbahaya bagi tubuh yang di alami individu tertentu tapi tidak di alami oleh orang lain secara umum. Ketika tubuh mengalami reaksi alergi maka tubuh akan mengeluarkan senyawa amina nitrogen organik yang mana biasanya di sebut bioamina, proses tersebut biasa di namain dengan Histamin. Pada saat untuk mengalami Histamin maka akan muncul berbagai gejala yang biasa di sebut alergi seperti gatal-gatal, batuk, bersin, mata merah, hidung berair dan yang terparah biasanya akan mengalami pembengkakan.

Secara umum reaksi alergi dapat di atasi dengan mengkonsumsi obat-obatan yang tersedia di apotik dengan penggunaan berdasarkan anjuran dokter atau melihat petunjuk pemakaian yang terdapat pada label obat tersebut.

  1. Dexamethasone

Dexamethasone merupakan obat yang bisa di gunakan untuk reaksi alergi, penyakit autoimun dan peradangan. Saat ini Dexamethasone tersedia dalam bentuk tetes mata, sirup, sutik dan tablet. Obat ini di rekomendasikan untuk di gunakan berdasarkan resep serta pengawasan dokter, apabila membeli di apotik pastikan memilih membeli apotik yang terpercaya untuk menanyakan dosis yang digunakan atau di konsumsi sesuai kondisi dan umur.

Dexamehasone tidak di rekomendasikan bagi ibu yang sedang memberikan ASI untuk anaknya di karenakan sifat dari obat yang satu ini meresap ke dalam ASI. Tetapi obat ini bisa di konsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak dengan dosis yang sudah di sesuaikan tentunya.

Walaupun kecil sekali kasus terjadi efek samping, dexamehasone memiliki beberapa efek samping di antaranya seperti mudah lelah, mod yang tida stabil, jantung berbedar, demam, kejang, nyeri pada tulang dan otot dan masih banyak lagi.

Sebaiknya hindari penggunaan dexamethouse dalam jangka panjang mesti memiliki dampak positif pada reaksi alergi tapi juga memiliki sisi negatif seperti membuat muka bulan serta naiknya kadar gula darah.

  1. Dekongestan

Dekongestan merupakan obat dengan fungsi melegakan jalannya nafas pada manusia. Saat ini Dekongestan tersedia dalam beberapa bentuk mulai dari pil, semprot hidung dan tetes mata. Obat ini tidak bisa di gunakan dalam jangak panjang karena memang di buat untuk jangka pendek apabila di konsumsi dalam waktu yang lama malah membaut alerginya semakin parah.

  1. Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang sudah lama di kenal sebagai obat untuk pereda reaksi alergi.  Ada berbag ai macam variasi pada antihistamin mulai dari semprot hidung, pil, cair dan tetes mata. Khusus yang berupa tetes mata saat ini bisa di dapatkan secara bebas di apotik, karena manfaatnya memang untuk mengatasi mara merah dan rasa gatal.

  1. Leukotriene modifiers

Saat pandemi ini orang-orang yang memiliki penyakit asma sangat tidak berani untuk memeriksakan diri mereka ke Pukesmas ataupun Rumah Sakit, karena takut di vonis Covid 19. Oleh sebab itu cocok sekali untuk menyimpan obat dengan nama Leukotriene modifiers karena memang di baut untuk pembeli yang memiliki riwayat asma yang di khawatirkan sewaktu-waktu kambuh.

Meskipun saat ini tersedia berbagai macam-macam obat untuk mengatasi reaksi alergi. Ada banyak anda menjaga kesehatan anda sehingga tidak harus mengkonsumsi obat-obattan di atas, karena jika di konsumsi jangka panjang malah memperburuk keadaan. Lebih baik mulai menerapkan pola makan dan hidup sehat agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Sebelum Membeli Toyota Raize, Ketahui Terlebih Dahulu Kelebihannya Previous post Sebelum Membeli Toyota Raize, Ketahui Terlebih Dahulu Kelebihannya
Memenuhi Kebutuhan Nutrisi harian Dengan Susu Ensure Cokelat Next post Memenuhi Kebutuhan Nutrisi harian Dengan Susu Ensure Cokelat